Blog

Cara Mengatasi Cacar Air pada Anak dengan Aman Pastinya kita sebagai orang dewasa pernah merasakan yang namanya penyakit cacar

Cara Mengatasi Cacar Air pada Anak dengan Aman

Pastinya kita sebagai orang dewasa pernah merasakan yang namanya penyakit cacar. Penyakit cacar sendiri akan muncul pada tubuh sekali seumur hidup. Di samping itu pula orang yang mendapatkan cacar pastinya kulitnya akan muncul bintil kecil kemerahan. Cacar sendiri bisa sembuh dengan sendirinya namun membutuhkan waktu yang cukup lama. Terkadang cacar juga meninggalkan jejak bekas pada kulit. Bagi beberapa orang yang tidak tahan dengan cacar pastinya langsung mengobatinya agar cepat sembuh. Berikut ini cara mengatasi cacar air pada anak dengan aman.

We Will Write a Custom Essay Specifically
For You For Only $13.90/page!


order now

1. Alkohol
Cara mengatasi cacar air pada anak yang pertama adalah dengan cara memberikan alkohol. Alkohol sendiri biasanya digunakan oleh kita untuk membersihkan sebuah luka pada tubuh. Ketika bintil cacar sudah pecah maka kamu dapat membersihkannya dengan alkohol agar tidak terinfeksi dan tidak menyebarkan virus apapun ke seluruh badan. Pastikan sebelum memberikan alkohol, tangan dalam keadaan bersih agar tidak memberikan bakteri pada anak. Selain itu, cacar sendiri bisa menular kepada orang lain bila orang tersebut belum pernah terkena cacar. Oleh karena itu, pastikan tubuh selalu dalam keadaan bersih ketika ingin memberikan obat kepada anak karena tubuh anak sangat mudah terkena penyakit.

2. Lotion Kalamin
Ketika anak mendapatkan cacar air pastinya tubuh akan terasa gatal. Tentu saja hal ini membuat anak ingin sekali menggaruk bintil cacar dan tanpa disadari membuat bintil cacar menjadi pecah. Bila bintil sudah pecah pada waktu yang tidak tepat, bintil pecah bisa menyebar pada tubuh bagian lainnya bahkan menimbulkan penyakit lainnya. Penyakit cacar air sendiri tidak boleh dianggap remeh oleh orang tua. Oleh karena itu, orang tua dapat memberikan lotion kalamin pada anak agar rasa gatal menjadi berkurang atau hilang. Ketika rasa gatal hilang hal ini dapat membuat anak nyaman untuk tidur. Namun akan berbeda bila anak tidur dalam rasa gatal pastinya hal ini akan terus menganggu orang tua sendiri.

3. Bedak
Salah satu cara agar bintil cacar air menjadi kering adalah dengan cara menggunakan bedak. Salah satu bedak yang dapat digunakan adalah bedak caladine. Bedak ini sendiri berguna agar menghambat pertumbuhan cacar air pada tubuh yang lainnya. Selain itu, mempercepat proses pengeringan bintil cacar sehingga waktu penyembuhan tidak memakan waktu yang cukup lama. Bintil cacar sendiri dapat sembuh dengan cepat bila kita rutin memberikan bedak pada tubuh. Pastikan bila badan dalam keadaan bersih saat memberikan bedak pada cacar air di tubuh. Kebersihan adalah nomor satu agar cacar air tidak menular pada anggota tubuh lainnya.

4. Salep
Salah satu cara lainnya untuk mengatasi cacar air adalah dengan salep. Salep sendiri berguna agar cacar air tidak menular pada anggota tubuh lainnya. Bila cacar semakin parah pastinya hal ini akan membuat masa penyembuhan semakin lama. Bahkan ada bekas cacar yang sulit hilang alias membekas pada tubuh. Oleh karena itu rajinlah menggunakan salep setelah membersihkan tubuh.

5. Minum Parasetamol
Beberapa anak yang mengalami cacar air terkadang badangnya mengalami demam. Oleh karena itu, anak sendiri perlu minum obat parasetamol agar demam turun. Namun ketika anak meminum obat tentu saja tidak boleh berlebihan karena hal ini akan berbahaya bagi tubuh anak. Oleh karena itu, pastikan bila anak meminum obat sesuai dengan takaran yang sudah diresepkan oleh Dokter.

6. Pakaian Menyerap Keringat
Agar anak tidak menjadi rewel karena cacar air maka orang tua harus memberikan anak pakaian yang menyerap keringat untuk dipakai. Hindari untuk anak memakai pakaian ketat yang mana dapat membuat geraknya menjadi tidak aktif.

7. Minum Air
Ketika anak mengalami cacar air, tubuh juga membutuhkan banyak cairan agar tidak mengalami dehidrasi. Ketika tubuh mengalami dehidrasi tentu saja hal ini dapat mengakibatkan kematian. Oleh karena itu setiap hari kita diharuskan untuk meminum banyak air putih. Anak sendiri pastinya bila ingin minum harus dipaksa oleh orang tua sendiri. Minum sendiri sangat bagus agar penyakit cacar pada tubuh anak cepat pulih. Bila anak masih minum asi maka berikan asi secara rutin agar anak terhindar dari penyakit baru lainnya.

8. Memotong Kuku
Salah satu hal yang perlu diperhatikkan oleh orang tua adalah menjaga kebersihan kuku pada anak. Kuku pada anak sendiri sangat mudah cepat panjang. Kuku sendiri memiliki banyak kuman sehingga harus dipotong secara rutin. Pastikan bila cacar air datang pada tubuh anak, orang tua harus memotong kuku hingga pendek agar kuman pada kuku tidak menyebarkan virus ataupun menimbulkan infeksi yang baru.

x

Hi!
I'm Gloria!

Would you like to get a custom essay? How about receiving a customized one?

Check it out